img
Agenda Kegiatan
Fans Page

Motivasi Santri, Pesantren Babussalam Gelar Lomba Tahfidz Quran dan Hadits

Dibaca: 749 kali  Senin,13 Februari 2017 | 01:26:00 WIB
Motivasi Santri, Pesantren Babussalam Gelar Lomba Tahfidz Quran dan Hadits

Pondok Pesantren Babussalam akan menggelar Tahfidz Alquran dan Hadits bagi murid SD sampai SMA. Lomba ini akan berlangsung sekitar dua bulan lagi dari sekarang.

Menurut Ustad Drs H Imron Effendy Hasibuan MA, selaku Direktur Pendidikan Pesantren Babussalam, ini akan menjadi agenda rutin pondok setiap tahun karena sudah masuk dalam kalender resmi pesantren. ‘’Tujuan kita untuk meningkatkan mutu tahfidz para santri baik dari SD sampai SMA,’’ ujar Ustad Imron.

Pertama yang digelar adalah Lomba Tahfidz Hadits Arbain Annawawiyah pada 26-27 Rajab 1438 H dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj. Untuk tingkat SD matan hadits dari nomor 1 - 20. Untuk SMP dari nomor 1 – 42. Sedang untuk SMA matan hadits pilihan Bulughul Marom (40 hadits).

Sedang untuk lomba tahfidz Alquran diselenggarakan pada bulan Ramadhan.  Tepatnya 2-8 Ramadhan 1438 H. Adapun materinya adalah untuk SD Juz Amma (Juz 30). Untuk SMP dari Juz Amma , Surah As-Sajdah (32) dan Surah Al-Insan (76). Tingkat SMA materinya Juz 1 dan Juz 30 dan Surah 32 dan 76.

Tentu saja tidak semua anak didik bisa ikut bebas. Syaratnya adalah harus hapal hadits atau surah yang sudah disyaratkan panitia. Artinya setiap peserta sudah harus menyetorkan hapalan tersebut kepada guru pembimbing masing-masing. Dari situ baru guru memberi rekomendasi untuk ikut sebagai peserta.

‘’Jadi boleh ikut tapi harus sudah hapal. Tujuan kita menggelar kegiatan ini untuk mendorong para santri agar hapal Alquran dan hadits. Karena itu adalah salah satu unggulan dari kurikulum Pesantren Babussalam,’’ ungkap Ustad Imron lagi.(*)

Tulis Komentar
Berita Terkait