img
Agenda Kegiatan
Fans Page

Almarhum H Bulyan Royan di Mata Sahabat: Gigih dan Luas Pergaulan

Dibaca: 125 kali  Senin,07 Agustus 2017 | 09:25:00 WIB
Almarhum H Bulyan Royan di Mata Sahabat: Gigih dan Luas Pergaulan

Di antaranya dari Gubri H Arsyadjuliandi Rachman, Men-PAN RB Asman Abnur, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Abdul Karim, Bupati Siak H Syamsuar, Bupati Rokan Hulu Suparman dan sejumlah anggota DPR RI.

Bagi Gubri, almarhum adalah teman dekatnya karena pernah satu kelas sewaktu di sekolah dasar. "Beliau sejak kecil (SD, red) itu sudah nampak kegigihannya. Sampai sekarang dikenal sebagai tokoh masyarakat, yang berpengaruh terhadap pembangunan Riau," kenang Andi, sapaan Gubri, singkat.

Gubri berharap, kegigihan serta semangat kerja keras almarhum dapat menjadi contoh bagi masyarakat Riau.

Bagi anggota DPRD Riau, Abdul Wahid, sosok almarhum  adalah seorang yang baik dan setia kawan. Ia juga supel dan sederhana dalam kesehariannya. "Saya mengenal beliau tapi tidak kenal begitu dekat. Dari pandangan saya, beliau itu sosok orang yang baik. Dan yang paling luar biasa adalah orangnya serba bisa," ujar Wahid yang juga Ketua DPW PKB Riau ini.

Sewaktu menjadi wakil rakyat di DPR RI, sosok Bulyan tidak banyak berubah meski semakin sibuk. Dalam beberapa kali kesempatan, ia tetap mudah ditemui.

"Jadi tidak hanya seorang guru agama, beliau juga seorang politisi. Saat menjadi politisi beliau juga bagus dalam hal pemikiran serta gagasan untuk kepentingan daerah dan negara. Dengan sikap seperti itu, beliau lebih banyak temannya dari pada musuhnya," kata dia.

Wahid mengaku pernah beberapa kali berdiskusi dengan Bulyan. "Beliau itu mudah diajak diskusi dan mau bertukar pikiran. Kami tentu merasa sangat kehilangan dengan kepergian beliau," tuturnya.

Bulyan Royan merupakan anak keenam dari sembilan bersaudara. Lahir pada 1 Januari 1958 di Kubu, Rohil. Bulyan Royan menikah dengan H Maryani dan dikaruniai lima orang anak. 

Sebelum terjun ke dunia politik, Bulyan merupakan pengusaha yang tergolong sukses. Bidang usahanya transportasi laut, kontraktor listrik, dan perminyakan.

Di organisasi profesi pernah menjabat Ketua Hipmi Riau, Kompartmen Kadin Riau dan Wakil Sekretaris Gapensi Riau. Sukses di bisnis ia pun merambah jagat politik dan menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Bintang Reformasi (PBR). Ia pernah dianugerahi Lencana Karya Satya 30 Tahun Presiden RI 1993.(*)

Tulis Komentar
Berita Terkait
  • Jumat,15 Februari 2013 - 06:10:00 WIB

    sandiaga s uno senang berada di lingkungan pesantren

    sandiaga s uno senang berada di lingkungan pesantren PEKANBARU-Pengusaha nasional yang juga mantan Ketua DPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Sandiaga S Uno bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru,  Kamis (14/2). Kunjungan kali
  • Rabu,19 Oktober 2016 - 02:05:00 WIB

    tuan guru hadiri peresmian aulia hospital

    tuan guru hadiri peresmian aulia hospital Tuan Guru Syekh H Ismail Royan tampak hadir di antara sekitar seribu undangan. Beliau duduk di bagian depan dengan tampilan khasnya; pakaian putih, jubah layang putih dan topi runcing plus sorban pu
  • Selasa,07 April 2015 - 02:28:00 WIB

    siswa smp gotong royong pindahkan tanah hitam

    siswa smp gotong royong pindahkan tanah hitam Kerja sama, gotong royong, tolong menolong atau apapun namanya untuk kebaikan menjadi hal yang lumrah di keseharian pondok pesantren. Itu hal yang positif untuk dibina sejak dini. Sisi lainnya tentu
  • Sabtu,14 Maret 2015 - 11:59:00 WIB

    masjidil haram direnovasi, tapi tidak mengganggu ibadah

    masjidil haram direnovasi, tapi tidak mengganggu ibadah Rombongan jamaah umrah dari keluarga besar Pesantren Babussalam Pekanbaru sudah kembali awal Maret 2015. Tentu banyak pengalaman yang mereka rasakan selain beribadah. Satu di antaranya terkait renov