img
Agenda Kegiatan
Fans Page

Cerita Tuan Guru Mencari “Guru” di Setiap Fase Kehidupan

Dibaca: 1021 kali  Rabu,29 November 2017 | 10:28:00 WIB
Cerita Tuan Guru Mencari “Guru” di Setiap Fase Kehidupan

Seperti biasanya peringatan Hari Guru Nasional Ke-72 tahun 2017 diperingati Pondok Pesantren Babussalam dengan upacara bendera. Upacara yang diikuti para santri dari SD hingga SMA itu berlangsung di areal parkir Masjid Darussalam, Sabtu, 25 November 2017. Drs Musliman bertindak sebagai pembina upacara.

Usai upacara Tuan Guru Syekh H Ismail Royan selaku pimpinan Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan, pembina  Pesantren Babussalam, bersilaturrahim bersama semua kepala sekolah dan majelis guru di Gedung Serbaguna Haji Ahmad Royan.

Dalam kesempatan itu, Tuan Guru bercerita pengalaman beliau menjalani fase-fase kehidupan. Menurut beliau, setiap fase kehidupan yang dilalui seseorang selalu mencari guru yang akan dimenjadikan teladan dan motivasi.

Secara garis besar Tuan Guru menceritakan tiga fase kehidupan yang dilaluinya hingga kini. Pertama fase sebagai pengusaha yang di antaranya pernah menjabat sebagai Ketua Hipmi Riau. Di masa ini, beliau mencari para pengusaha sukses yang akan menjadi contohnya.

Kedua fase sebagai politisi tepatnya bergabung di Partai Bintang Reformasi. Selain menjadi Ketua DPW PBR Riau juga dipercaya menjadi Wakil Sekjen DPP PBR. Di sini guru yang ditemui beliau adalah KH Zainuddin Mz, pendiri dan Ketua  Umum DPP PBR pertama.

Dan fase ketiga adalah selaku pimpinan tharikat dan pondok pesantren hingga kini. Pada fase ini beliau menemukan sosok seorang guru pada Tuan Guru Syekh Hasyim Al-Syarwani, pimpinan Tharikat Nagsabandiyah yang berpusat di Besilam, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Namun ujung dari semua itu, lanjut Tuan Guru, adalah Rasulullah SAW yang menjadi guru utama sekaligus paripurna. Rasulullah menjadi sebaik-baiknya guru dalam kehidupan bagi umat Islam.

Dalam rangka Hari Guru Nasional ini, Tuan Guru mengajak para ustad dan uztazah agar menjadi teladan atau panutan bagi para santri dengan mengambil contoh kepada Rasulullah SAW.(*)

Ket Foto : Tuan Guru Syekh H Ismail Royan foto bersama dengan majelis guru dalam silaturrahim memperingati Hari Guru Nasional Ke-72.

Tulis Komentar
Berita Terkait