img
Agenda Kegiatan
Fans Page

Tausiah Maulid Nabi dari Dr Zikmal Fuad MA, Dosen KUIS Malaysia

Dibaca: 980 kali  Senin,13 Februari 2017 | 01:26:00 WIB
Tausiah Maulid Nabi dari Dr Zikmal Fuad MA, Dosen KUIS Malaysia

Para santri Pesantren Babussalam memperoleh dua kali pencerahan perihal peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1438 H. Pertama adalah pencerahan dari Dr H Amirudin pada Ahad, 11 Desember 2016.

Lalu kedua, pencerahan yang diberikan oleh Dr Zikmal Fuad MA bertepatan dengan Kamis, 14 Desember 2016 bagda Magrib di Masjid Darussalam.

Ustad Zikmal Fuad bukan orang asing bagi keluarga besar Babussalam. Beliau berasal dari keluarga besar pusat Tariqat Naqsabandiyah Desa Besilam Tanjungpura, Langkat Sumatera Utara. Saat ini beliau berkhidmat di Kolej Universitas Islam Antarbangsa Selangor (KUIS), Malaysia sebagai dosen.

Dalam ceramahnya Ustad Zikmal  mengungkap rahasia di balik kelahiran Rasulullah (Senin, 12 Rabiul Awal tahun gajah, atau 20 April 571 M). Angka 12 adalah isyarat dari ajaran Islam yang berpangkal pada 12 perkara. Pertama adalah enam Rukun Iman. Dan kedua adalah lima Rukun Islam.

Dan ketiga ditambah dengan Rukun Ikhsan yakni beribadah ikhlas kepada Allah. Seakan-akan kita melihat Allah. Itulah yang disebut tasauf.

Seperti diungkap dalam dialog Nabi Muhammad SAW dengan Malaikat Jibril berikut;

Lalu orang tersebut berkata lagi: “Sekarang Jelaskan padaku tentang ikhsan”. Rasulullah menjelaskan, “Ihsan adalah: Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, dan kalaupun engkau tidak melihat-Nya sesungguhnya Dia selalu melihat engkau.”

Lalu orang tersebut berkata: “Benar Engkau”.

 

Dr Zikmal juga mengungkap empat perempuan yang berjasa ketika Nabi Muhammad kecil yang kebetulan dari nama mereka mempuyai arti yang bagus. Mereka adalah ibunda nabi, Aminah yang berarti aman, tentram, damai. Lalu Assyafa, bidan kelahiran nabi, yang berarti kesembuhan.

Ketiga adalah Suaibah, seorang budak yang menyusui nabi. Namanya berarti pahala. Keempat adalah Halimah yang berarti lemah lambut atau penyantun. Halimah adalah perempuan yang menyusui nabi lebih kurang selama empat tahun.

‘’Maka nikmat terbesar dari Allah SWT adalah lahirnya Muhammad. Karena beliau adalah
pembawa cahaya bagi umat manusia,’’ ujar Dr Zikmal.

Di sisi lain, Dr Zikmal juga mengajak para santri agar mencari ridho Allah SWT dalam menuntut ilmu. Dengan demikian maka Allah akan ridho lagi kepada kita. Ibadah mengharapkan pahala tidak salah. Tapi itu jadikan motivasi.(*)

Foto: Dr Zikmal Fuad MA saat memberikan ceramah di para santri Babussalam.

Tulis Komentar
Berita Terkait
  • Jumat,27 Februari 2015 - 10:46:00 WIB

    para santri usai melaksanakan salat berjamaah

    para santri usai melaksanakan salat berjamaah Siswa SMP dan SMA Babussalam keluar dari Masjid Darussalam, Kompleks Pesantren Babussalam Pekanbaru, Kamis, 26 Februari 2015. Mereka baru saja usai melaksanakan ibadah Salat Zuhur berjamaah. Usai sa
  • Jumat,30 September 2016 - 09:08:00 WIB

    pembangunan fisik asrama putri 2 mendekati tahap akhir

    pembangunan fisik asrama putri 2 mendekati tahap akhir Pembangunan Asrama Putri 2 Pesantren Babussalam semakin mendekati tahap akhir. Paling tidak dari pihak pengawas teknis pembangunan, diperkirakan progres pembangunan sudah melebihi 80 persen. Pada
  • Sabtu,23 Desember 2017 - 10:09:00 WIB

    pak saleh yang selalu hadir di kegiatan pesantren babusssalam

    pak saleh yang selalu hadir di kegiatan pesantren babusssalam Pak Saleh Djasit adalah Gubernur Riau ke-10 tepatnya periode 1998-2003. Selain tokoh Riau, secara individu beliau adalah orang yang santun dan bersahaja. Sikap itu masih terlihat hingga kini. Mala
  • Kamis,26 November 2015 - 04:30:00 WIB

    ketua yayasan: jangan pernah sekali-kali membenci anak didik

    ketua yayasan: jangan pernah sekali-kali membenci anak didik Di Hari Guru Nasional Ke-22 dan HUT KE-70 PGRI, Rabu November 2015, Ketua Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan, Syekh H Ismail Royan, mengungkapkan permintaan yang menyentuh dan mendasar. Beliau meminta