img
Agenda Kegiatan
Fans Page

Ponpes Babussalam Mulai Bangkitkan Pramuka untuk Semua Jenjang Pendidikan

Dibaca: 2485 kali  Selasa,19 Mei 2015 | 04:06:00 WIB
Ponpes Babussalam Mulai Bangkitkan  Pramuka untuk Semua Jenjang Pendidikan

 

Aktivitas kepramukaan di Pondok Pesantren Babussalam 
kembali bangkit dan diikuti mulai dari murid SD sampai siswa SMA. Itu adalah salah satu pengarug positif dari disahkannya UU Kepramukaan pada 2014.
 
Sebenarnya, menurut Kakak Pembina Iskandar Ismail, kegiatan kepanduan di Ponpes Babussalam sudah sejak lama berjalan. Paling tidak itu berlangsung di tingkat SMP dengan nomor Gugus Depan 0817-0818. 
 
''Di SMP sudah sejak lama berjalan. Aktifnya sejak tahun 1987,'' ujar Iskandar.
 
Tentu saja sekarang semakin semarak sebab sudah menjadi ekstrakurikuler wajib bagi semua tingkat sekolah. Karena ada tiga tingkatan sekolah di lembaga pendidikan yang dibina Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan itu, maka jadwalnya dipisah. 
 
Untuk SD dijadwalkan setiap Sabtu pagi usai jam sekolah. Sedang untuk SMP jadwal Pramukanya pada Sabtu siang dan SMA pada Kamis siang.
 
Untuk membina siswa tersebut, Kak Iskandar tidak sendiri. Beliau dibantu oleh beberapa kakak lain yakni Kak Sunardi, Kak Alfajri, dan Kak Nanda Efendi.
 
Untuk pelajaran awal, para anggota Pramuka diajarkan tentang apa itu Pramuka, sifat-sifat yang ada pada diri seorang anggota Pramuka seperti tata krama, disiplin, mandiri dan lainnya. Juga ada permainan yang sifatnya menarik, menantang dan punya unsur pendidikan.
 
''Syarat kecakapan umum (SKU) itu menjadi kurikulum pelajaran Pramuka,'' ujar Kak Iskandar.(li)
 
 
Foto : Siswa SMA Babussalam mempelajari tali temali.
 
Tulis Komentar
Berita Terkait