img
Agenda Kegiatan
Fans Page

SD Babussalam Berhasil Raih Penghargaan Adiwiyata Provinsi Riau 2019

Dibaca: 21 kali  Jumat,29 November 2019 | 08:39:00 WIB
SD Babussalam Berhasil Raih Penghargaan Adiwiyata Provinsi Riau 2019
SD Babussalam berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau Tahun 2019. SD Babussalam menjadi satu-satunya sekolah dasar swasta di Pekanbaru yang meraih penghargaan sebagai sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Ada 16 SD dari Pekanbaru yang sukses meraih penghargaan dari Gubernur Riau itu. Keseluruhan ada 65 sekolah mulai SD hingga SMA peraih penghargaan tersebut.

Menurut Ustazah Hj Yanti Elvina MPd, Kepala SD Babussalam, ada empat komponen penilaian dengan itemnya masing-masing. Yaitu komponen kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipasi dan pengelolaan sarana pendukung yang ramah lingkungan.

Di SD Babussalam, kebijakan kurikulum di antaranya semua guru membuat RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) berbasis lingkungan dan pembelajaran terintegrasi dengan lingkungan. Misalnya, para santri juga belajar di luar kelas paling tidak halaman sekolah sebagai sarana pembelajaran.

''Kalau kegiatan harian adalah operasi semut, dimana santri diwajibkan membawa minimal dua sampah yang dijumpainya pada saat akan masuk ke lingkungan sekolah atau kelas. Lalu kegiatan memilah sampah setiap Kamis pagi setelah kegiatan rutin membaca sholawat dan asmaul husna. Di depan kelas sudah disediakan tong sampah agar santri memasukkan sampah sesuai kategorinya,’’ ungkap Ustazah Hj Yanti.

Ada juga pertisipasi orang tua yang ikut menyumbang dan menanam bibit tanaman di sekolah. Dan bakti sosial santri membersihkan lingkungan rumah ibadah.

Di bagian akhir, Ustazah Hj Yanti mengucapkan terima kasih kepada ketua Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan yang telah banyak memberikan saran dan bantuan sarana pendukung pendidikan yang ramah lingkungan. Juga pada orang tua yang berpartisipasi aktif, tim Adiwiyata SD Babussalam, guru, murid serta karyawan kebersihan yang mendukung mewujudkan sekolah yang aman, rapi, bersih dan nyaman.

’Dengan dukungan dan kesadaran akan cinta lingkungan dari keluarga besar SD Babussalam akhirnya apa yang menjadi tujuan kita yaitu sekolah Adiwiyata provinsi bisa tercapai,’’ ucap Ustazah lagi.(*)

Ket Foto : Kepala SD Babussalam Hj Yanti Elvina MPd (tengah) memegang piagam penghargaan Adiwiyata 2019 didampingi majelis guru dan santri SD Babussalam.
Tulis Komentar
Berita Terkait
  • Kamis,11 Februari 2016 - 09:22:00 WIB

    besok, sd babussalam gelar festival anak shaleh se-kota pekanbaru

    besok, sd babussalam gelar festival anak shaleh se-kota pekanbaru SD Babussalam kembali menggelar Festival Anak Shaleh Taman Kanak-kanak Se-Kota Pekanbaru. Festival yang menggelar berbagai lomba ini berlangsung pada Sabtu, 13 Februari 2016. Lomba-lomba tersebut
  • Jumat,22 September 2017 - 10:23:00 WIB

    rombongan pesantren babussalam kunjungi kuis selangor dan sepakati kerja sama

    rombongan pesantren babussalam kunjungi kuis selangor dan sepakati kerja sama Tuan Guru Syekh H Ismail Royan bersama rombongan Pesantren Babussalam yang berjumlah 15 orang melakukan kunjungan kerja ke Malaysia. Sasaran utamanya adalah kampus Kolej Universiti Islam Antarbangsa
  • Rabu,15 April 2015 - 11:40:00 WIB

    un lancar, sma babussalam komit ikuti aturan pengawas

    un lancar, sma babussalam komit ikuti aturan pengawas   Rabu, 15 April 2015, hari ketiga pelaksaan Ujian Nasional di SMA Babussalam berjalan lancar. Kondisi yang sama juga berlaku pada hari kedua dan pertama UN.   Hari pertama, Senin, 1
  • Selasa,05 Februari 2013 - 11:23:00 WIB

    mencintai para sahabat nabi

    mencintai para sahabat nabi Dari Abdullah bin Mas'ud (semoga Allah meridhoinya), dari Nabi Saw. bersabda, "Sebaik-baik manusia adalah generasiku,   kemudian generasi berikutnya, kemudian generasi berikutnya.&