img
Agenda Kegiatan
Fans Page

Pesantren Babussalam Punya Unit Pengolah Air Siap Minum, Bantuan dari BPPT RI

Dibaca: 99 kali  Senin,19 Oktober 2020 | 04:11:00 WIB
Pesantren Babussalam Punya Unit Pengolah Air Siap Minum, Bantuan dari BPPT RI
Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru kini memiliki unit pengolahan air siap minum sendiri.

Sarana pengolahan air siap minum langsung bisa diminum ini merupakan bantuan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Republik Indonesia. Karya dari BPPT ini diberi nama Arsinum, singkatan dari air siap minum.

Sarana Arsinum tersebut baru terpasang dua pekan lalu. Berada di bagian belakang kompleks Pesantren. ''Kita mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Hammam Riza selaku Kepala BPPT RI beserta jajarannya,'' ujar Tuan Guru Syekh Haji Ismail Royan, Pimpinan Pondok Pesantren Babussalam.

arsinum1-ok

Keterangan Foto: Pak Jepi menunjukkan peralatan Arsinum

Lanjut Tuan Guru mengatakan, sarana ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk keperluan internal Pesantren. ''Ini sangat bermanfaat. Apalagi kualitas air yang dihasilkan lebih bagus dari Kangen Water,'' ungkap Tuan Guru.

Seperti diceritakan Pak Jepi, penanggung jawab internal Arsinum ini, peralatan penyulingan airnya terbilang lengkap. Bahkan tangki pemproses airnya mencapai tiga unit.

arsinum-2-ok

Keterangan Foto: Fauzan sedang mengisi galon

Namun satu tangki yang lebih kecil tak perlu digunakan. Karena menurut penjelasan teknisi BBPT, sumber air yang diproses kualitasnya sudah cukup baik.

''Pihak BPPT juga menjelaskan, kapasitas produksinya 100 galon per hari,'' kata Pak Jepi lagi.(*)

arsinum-3
Tulis Komentar
Berita Terkait