img
Agenda Kegiatan
Fans Page

Menjelang Kelulusan, Santri Kelas IX SMP Babussalam Pekanbaru Lakukan Khatam Al-Qur'an

Dibaca: 104 kali  Kamis,15 April 2021 | 11:35:00 WIB
Menjelang Kelulusan, Santri Kelas IX SMP Babussalam Pekanbaru Lakukan Khatam Al-Qur'an
Menjelang kelulusan mereka di SMP Babussalam Pekanbaru, para santri kelas IX merampung satu per satu tugas mereka. Di antaranya adalah kegiatan Khatam Al-Qur’an Kelas IX Tahun Pelajaran 2020/2021.

Khatam ini dilaksanakan pada Rabu, 31 Maret 2021, di kompleks SMP Babussalam. Acara ini di hadiri oleh seluruh majelis guru, santri kelas VII dan santri kelas VIII serta tamu undangan.

Acara ini diawali dengan Pawai Peserta Khatam Al-Qur’an berkeliling di kompleks Pondok Pesantren Babussalam. Juga diiringi dengan Tim Kompang Babussalam yang ikut memeriahkan acara ini.

Kelvin Pratama santri kelas IX sebagai pembawa acara. Khatam Al-Qur’an dimulai dengan pembacaan Basmalah dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Sekolah yang diwakili oleh Ustadz Drs H Supian AR.

ustaz-sufian-ar-ok

Acara Khatam Al-Qur’an ini adalah acara khusus untuk santri kelas IX. Namun seluruh santri kelas VII dan santri kelas VIII turut hadir guna menyukseskan acara ini.

Kegiatan Khatam Al-Qur’an ini dilaksanakan di halaman SMP Babussalam tepatnya di Pendopo yang berada tepat di halaman utama sekolah. Dekorasi dibuat langsung oleh santri kelas IX yang dikontrol oleh ketua pelaksana kegiatan.

Acara Khatam Al-Qur’an ini dipimpin oleh Ustadz Drs H M Nur Burhan. Tahun ini pelaksanaan cukup berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun ini seluruh santri kelas IX mendapatkan jatah bacaan surah Al-Qu'ran.

khatam3-ok

Dalam satu surah dibacakan oleh satu kelompok yang terdiri dari 4 orang santri kelas IX baik untuk santri putra maupun untuk santri putri. Dengan demikian seluruh santri mendapatkan giliran dalam membaca surah pada acara Khatam Al-Qur’an ini.

Surah yang dibacakan dalam acara ini mulai dari Surah An-Naba’ sampai dengan surah An-Nas. Surah-surah tersebut dibacakan seluruhnya oleh santri kelas IX sesuai urutan surah yang sudah ditentukan.(*)

khatam4-ok
Tulis Komentar
Berita Terkait