img
Agenda Kegiatan
Fans Page

Santri SMA Ponpes Babussalam Rasakan ''Sidang Ujian Skripsi'' sebagai Syarat Kelulusan

Dibaca: 80 kali  Kamis,28 Oktober 2021 | 10:24:00 WIB
Santri SMA Ponpes Babussalam Rasakan ''Sidang Ujian Skripsi'' sebagai Syarat Kelulusan
Ramadania, santriwati SMA Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru, harus face to face dengan dua gurunya, Ustaz H Khoirul Fajri MA dan Fitriani SPd. Layaknya, dia sedang menjalani sidang ujian skripsi sarjana.

Namun ia tidak sendirian melakoni dan merasakan situasi tersebut. Masih ada rekan-rekannya yang lain menunggu giliran.

Yup benar... Ini memang mirip dengan sidang ujian skripsi sarjana di satu perguruan tinggi. Kegiatan itu juga disebut sidang ujian, tepatnya sidang ujian karya tulis ilmiah (KTI).

Farhanatul-ok

Dan memang benar itulah salah satu tujuan dari kegiatan wajib yang dilalui semua santri kelas XII SMA Ponpes Babussalam Pekanbaru.

''Program ini juga sebagai sarana untuk mengenalkan kepada santri tentang metode-metode penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah yang biasanya sangat diperlukan di jenjang perguruan tinggi,'' jelas Ustaz Khoirul Fajri, guru pembimbing sekaligus penguji.

nurliza-ok

Dilanjutkan Ustaz Khoirul Fajri, KTI merupakan tugas yang harus dipenuhi oleh santri kelas XII untuk mendapatkan ijazah akhir pondok. Program bimbingan KTI dan ujian KTI merupakan salah satu bentuk usaha SMA dalam menambah wawasan santri dalam penulisan dan penelitian karya ilmiah.

anjani-ok

Untuk temanya bebas. Setiap santri yang sudah mendapatkan tema maka harus berkonsultasi dengan panitia KTI guna menentukan judul. Jika judul sudah disetujui panitia maka dilanjutkan dengan penulisan KTI.

amanda-ok

''Untuk jumlah halaman KTI minimal 15 halaman. Maksimal tidak dibatasi. KTI ini santri wajib lulus,'' ungkap Ustaz Fajri lagi.

Jadwal Penulisan KTI
1. Konsultasi pengajuan judul 3-5 Agustus 2021
2. Penulisan KTI 9 Agustus - 11 September 2021
3. Sidang ujian KTI 13 September 2021
4. Revisi 14-16 September 2021
5. Pengumpulan KTI setelah revisi 17 September 2021
Tulis Komentar
Berita Terkait