img
Agenda Kegiatan
Fans Page

MPZ Pilih Khalifah H Irfansyah Al-Rokany sebagai Tuan Guru yang Baru

Dibaca: 194 kali  Selasa,24 Desember 2019 | 02:32:00 WIB
MPZ Pilih Khalifah H Irfansyah Al-Rokany sebagai Tuan Guru yang Baru
Khalifah H Irfansyah dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Zuriat (MPZ) sebagai Tuan Guru Babussalam yang baru. Pemilihan berlangsung Ahad, 1 Desember di Babussalam, Langkat, Sumatera Utara.

Khalifah Irfansyah menggantikan Syekh H Hasyim Al Sarwani yang wafat, Sabtu, 16 November. Almarhum Syekh Hasyim Al Sarwani dan Khalifah Irfansyah adalah kakak-beradik, anak dari Syekh Mu'im Al Wahab Rokan.

https://ibb.co/bm0PV5r

"Terima kasih atas amanah yang diberikan kepada saya untuk melanjutkan Tarekat Naqsabandiyah, yang dibangun Syekh Abdul Wahab Rokan. Saya mengajak seluruh zuriat untuk bersama-sama membangun Babussalam lebih baik," ujar Khalifah Irfansyah seperti diberitakan republika.co.id.

Khalifah Irfansyah dipilih dari delapan calon usulan 25 furug (cabang) keluarga cucu dan cicit Syeh H Abdul Wahab Rokan. Masing-masing furug, dalam rapat yang dipimpin Khalifah Khudri Kamil itu, memilih satu nama. Kedelapan nama yang disusulkan, yakni Khalifah Irfansyah, Syekh H Ismail Royan, Khalifah Mahlil, Khalifah Khudri Kamil, Khalifah Zikmal Fuad, Syekh Wan Nurdin, Khalifah M Yoqdum, dan Khalifah Rustam Effendi.

"Setelah mempertimbangkan berbagai syarat, disepakati Khalifah Irfansyah sebagai Tuan Guru. Alhamdulillah, proses ini berjalan lancar dan semua ikhlas," ujar Khalifah Khudri menjelaskan proses musyawarah pemilihan.

Sementara itu, Syekh H Ismail Royan menyebutkan, proses pemilihan sangat baik dan membuahkan hasil yang baik. "Ini bisa terjadi karena semua calon bersikap ikhlas dan mengutamakan adab Thariqat Naqsabandiyah," ujar beliau.

Selain memutuskan Tuan Guru baru, MPZ juga membuat terobosan baru, dengan disepakatinya ketentuan yang berhak dipilih sebagai Tuan Guru. Bila sebelumnya Tuan Guru hanya dapat dipilih dari zuriat lelaki, kini keturunan dari pihak perempuan pun mendapatkan hak yang sama. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan calon terbaik dengan banyak pilihan.(*)

Ket Foto : Khalifah H Irfansyah Al-Rokany (tengah) didampingi Syekh H Ismail Royan (paling kiri) dan lainnya.
Tulis Komentar
Berita Terkait