img
Agenda Kegiatan
Fans Page

Lomba Pekan Konstitusi Ke XIII Oleh PUSaKO Fakultas Hukum Unand

Haura Yasmin, Santriwati SMA Babussalam, Juara 1 Pidato Bahasa Inggris

Dibaca: 130 kali  Jumat,03 September 2021 | 03:55:00 WIB
Haura Yasmin, Santriwati SMA Babussalam, Juara 1 Pidato Bahasa Inggris
Haura Yasmin, santriwati SMA Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru, meraih juara satu pidato bahasa Inggris dalam Lomba Pekan Konstitusi Ke XIII pada 20-22 Agustus 2021. Lomba ditaja Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas bekerja sama dengan Mahkamah Konstitusi RI.

Seperti disampaikan Ustadz Muhammad Taufan, SH sebagai guru pendamping, lomba bertemakan tentang konstitusi tersebut berupa lomba pidato bahasa Inggris perseorangan dan lomba debat tim yang beranggota tiga orang. Dan lomba dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama, setiap peserta mengirimkan video pidatonya ke panitia. Lalu video-video tersebut diseleksi oleh panitia untuk penentuan siapa saja yang jadi finalis. Tahap kedua, para peserta yang masuk final berlomba secara langsung melalui daring (online) yang dipandu oleh panitia.

Untuk pidato bahasa Inggris, dua santriwati SMA Babussalam masuk 10 besar alias jadi finalis. Mereka adalah Haura Yasmin dan Cindy Rahmawati. Sementara untuk lomba debat tim, SMA Babussalam yang beranggotakan Artha Anggraini, Zaskiatul Ulya dan Mahalia Putri masuk 16 besar.

haura-okk

''Setelah itu panitia mengundang tiga peserta datang ke Kabupaten Agam, pada tanggal 28 Agustus 2021. Tapi panitia belum memberi tahu siapa-siapa juaranya,'' ujar Ustadz Taufan, pembimbing santri Babussalam bersama Ustazah Jusniwati SPd.

Kehadiran peserta di Agam tersebut berkaitan dengan pengukuhan Negeri Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, sebagai Nagari Konstitusi oleh Ketua Mahkamah Konstitusi RI Dr Anwar Usman di Pondok Pesantren Darul Ulum. Pada acara itu hadir pula Menteri DPDT dan Transmigrasi Halim Iskandar, Menteri LHK Siti Nurbaya, perwakilan Kemendagri Hamdani, Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Bupati Agam Dr Andri Warman, ninik mamak dan lainnya.

Pada momen itulah panitia mengumumkan para juara setiap lomba. Dan santriwati SMA Babussalam, Haura Yasmin diumumkan sebagai juara pertama. Juara keduanya Ahmad Farel (SMAN 1 Bukittinggi) dan juara tiga Belva Raina Soraya (SMAN 8 Pekanbaru).

Prestasi ini disambut syukur oleh Kepala SMA Babussalam Drs H Imran Effendy Hasibuan MA. Ustadz Imran mengucapkan terima kasih kepada santriwati yang berprestasi. Ia berharap ini menjadi contoh dan motivasi untuk lebih baik lagi, termasuk juga untuk santri lainnya.(*)
Tulis Komentar
Berita Terkait